PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
LAYANAN PEMESANAN MAKANAN & MINUMAN RESTOURANT
BERBASIS DEKSTOP
BAB I
Rumah makan merupakan tempat pengolahan makanan yang memproduksi dan menjual berbagai jenis makanan dan minuman bagi masyarakat luas yang cenderung berkembang pesat. Hal ini sejalan dengan pergeseran pola hidup dari kebiasaan makan di rumah menjadi makan di rumah makan.
Restaurant
yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua pelanggannya baik
berupa makan maupun minum. Dengan adanya layanan pemesanan makanan dan minuman
berbasis desktop ini akan memudahkan pemilik restaurant dalam mencatat
transaksi serta melayani pelanggan dengan modern.
Berdasarkan
penelitian dan pengamatan, proses yang digunakan dalam pelayanan aktivitas
pemesanan dan pembayaran saat ini masih belum menggunakan sistem. Setiap
transaksi direkap melalui nota yang dibuat oleh kasir.
BAB II
ANALISIS DAN PERANCANGAN
ANALISIS DAN PERANCANGAN
2.1 Analisis Sistem
2.1.1 Analisis Kebutuhan Sistem
Analisis kelemahan sisitem dibutuhkan
untuk mengetahui hal-hal yang kurang optimal dari system yang digunakan saat
ini. Untuk mengidentifikasi masalah hal yang perlu diperhatikan pada bagian analisis kinerja, informasi, ekonomi, keamanan
aplikasi, efesiensi, dan pelayanan
terhadap pelanggan.
2.1.2
Analisis Kelemahan Sistem
Analisis
kelemahan sisitem diperuntukan untuk mengetahui apa saja yang kurang optimal
dari sistem yang sedang berjalan saat ini. Untuk mengidentifikasi masalah,
harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan
aplikasi, efesiensi, dan pelayanan pelanggan. Dalam penelitian ini, penulis
menggunakan metode analisis PIECES (Performance, Information, Economic,
Control, Efficiency, dan Service). Dari analisis ini akan didapatkan beberapa
masalah utama.
2.2 Analisis Kelayakan Sistem
2.2.1 Analisis Kelayakan Teknologi
Kelayakan
teknologi dalam menyediakan sebuah kebutuhan sistem yang telah dibuat.
Berdasarkan analisis tersebut dari segi softwarenya aplikasi layanan pemesanan
makan/minuman berbasis dekstop akan menggunakan software yang terbilang
moderen,
Aplikasi
ini juga akan menjadi peluang untuk dikembangkan karena bahasa pemrograman
berbasis desktop sudah sangat canggih, sehingga SDM yang menguasai bidang ini
juga sudah cukup banyak. Dilihat dari aspek kelayakan teknologi dan era moderen
sekarang, aplikasi ini sudah layak dipasang di berbagi toko kuliner
2.2.1.1 Analisis Kelayakan Operasional
Analisis
kelayakan operasional dirancang menggunakan sistem dengan memperhatikan
bagaimana cara mengoperasikannya.Berdasarkan kebutuhan dari layanan restauran.
Bentuk struktur dan design yang sudah di rancang adalah hasil dari pengembangan
sistem yang sudah ada.Kelayakan sistem operasional sudah layak dioperasikan karena SDM dan
Infrastruktur di lokasi sudah sangat layak.
2.2.1.2 Analisis Kelayakan Hukum
Secara
analisis hukum, sistem yang dirancang ini tidak melanggar aturan dari
undang-undang yang berlaku, karena sistem ini menggunakan perangkat lunak
legal. Software dipakai untuk menerapkan sistem direncanakan software yang
orisinil berlisensi untuk istem Operasi Windows 7, dalam proses pembuatannya
juga menggunakan software original sehingga bisa dikatakan layak secara hukum.
2.2.1.3 Analisis Kelayakan Ekonomi
Dalam segi analisis kelayakan ekonomi meliputi
semua biaya yang dikeluarkan dapat membandingkannya dengan semua manfaaat yang
diperoleh, Dalam hal ini semua biaya
sesuai dengan rencana dijadikan komponen biaya dan komponen manfaat diperoleh
dari tarif atau harga barang/jasa investasi.
2.3
Analisis
SWOT/PIECES
2.3.1 Analisis
Performance
Performance atau Kinerja merupakan bagian
pendukung dalam kelancaran suatu proses kerja dalam suatu aspek masalah
performance atau kinerja ketika suatu sistem yang dijalankan tidak mencapai
sasaran atau tujuan. Kinerja atau Performance merupakan suatu kemampuan sistem
dalam menyelesaikan suatu tugas dengan jelas sehingga sasaran atau tujuan dapat
dicapai.
2.3.1.1 Analisis Informasi (Information)
Informasi merupakan elemen yang sangat penting
dalam pemasaran atau promosi suatu produk barang atau jasa, dan sangat
menunjang seorang pemimpin dalam mengambil suatu keputusan. Dengan sistem
informasi yang baik, maka akan menghasilkan informasi yang bermanfaat yang
berguna bagi pemimpin untuk menangani masalah dan sebagai pendukung untuk
mengambil suatu keputusan, sehingga informasi yang diperoleh akurat, tepat
waktu, dan relavan. Berikut analisis Informasi pada Restaurant.
2.3.1.2 Analisis Ekonomi (Economic)
Nilai suatu informasi ditentukan oleh dua hal
yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkan informasi tersebut. Dengan kemampuan
sistem baru secara optimal, beberapa biaya dapat dipangkas, salah satunya
adalah biaya SDM. Secara ekonomi sistem yang berjalan sebelumnya masih belum
efektif dan efesien. Pertimbangan ekonomi akan dilakukan dengan melakukan
perbandingan sejauh mana manfaat dari sistem lama yang diperoleh. Berikut
analisis ekonomi pada Restaurant adalah sebagai berikut.
2.3.1.3 Analisis
Pengendalian (Control)
Analisis Kontrol digunakan untuk
meningkatkan kinerja sistem, mendeteksi penyalahgunaan sistem dan menjamin
keamanan data dari pihak luar yang tidak berkepentingan. Dengan adanya Kontrol,
maka tugas maupun kinerja yang mengalami gangguan bisa diperbaiki. Pengendalian
untuk keamanan sistem yang ada pada Restaurant dalam menyebaran informasi masih
sulit. Hal ini terlihat dari informasi dengan menggunakan brosur dimana
pembuatannya masih manual dan memerlukan waktu keamanan dari data, dan
informasi menjadi kurang terjaga.
2.3.1.4 Analisis Efisiensi (Effeciency)
Efesiensi yang digunakan dari sistem
yang dikembangkan adalah sumber daya yang tersedia meliputi manusia, informasi,
waktu, uang, ruang, dan keterlambatan pengolahan data. Dengan adanya sistem
baru diharapkan terciptanya suatu sistem pengolahan informasi yang mengurangi
biaya operasional dan menambah efektifitas dan efisiensi pada Restaurant.
2.3.1.5 Analisis Pelayanan (Service)
Dalam Pelayanan atau
service akan memakan banyak manusia atau karyawan untuk melayani konsumen
apabilan terjadi penumpukan konsumen jika masih menggunakan sistem lama. Hal
utama dalam Pelayanan adalah informasi yang diberikan. Pada sistem lama
terkadang banyak informasi yang masih kurang dapat memberikan kenyamanan
konsumen karena banyaknya pemesanan. Berikut adalah analisis pelayanan.
Bab lanjutan Rancangan sistem aplikasi restaurant java netbeans
Bab lanjutan Rancangan sistem aplikasi restaurant java netbeans
Labels:
Pengetahuan
Terimakasih sudah membaca Rancangan Dan Analisis-Analisis Aplikasi Restaurant Pada Java Neatbeans. Jangan lupa di bagikan jika bermanfaat...!
No comments:
Post a Comment