Iklan Internet – Iklan adalah gambaran perusahaan, jasa, bisnis dan lain sebagianya yang di buat untuk mempromosikan tentang apa saja yang di sediakan dalam kegitannya. Pada umumnya iklan di buat dengan mempromosikan fitur-fitur yang semenarik mungkin agar dapat menarik pembacanya untuk misalnya membeli produk atau berlangganan jasa dan lain sebagainya.
Iklan Internet |
Berdasarkan penempatan iklan di media social pada blog maupun website memiliki tarif harga yang berbeda, untuk penempatan iklan yang mempunyai terif pembayaran atas pemasangan iklan dengan harga yang maksimal yaitu di bagian header dan berjeniskan iklan banner pada halaman blog atau web.
Jenis Iklan internet
Berdasarkan jenis media iklan yang ada pada internet,
iklan di bagi menjadi:
1. Iklan banner
2. Iklan spons
3. Iklan orship
4. Iklan Classifi
5. Iklan ed
6. Iklan Slotting
7. Iklan fee
8. Iklan key
9. Iklan word
10. Iklan interste
11. Iklan tial
12. Iklan search
13. Iklan rich
14. Iklan media
15. Iklan e-mail dan
16. Iklan lainnya.
(Baca Juga: Dapat Uang Tanpa Modal)
A. Iklan Banner
Iklan banner merupakan jenis iklan yang paling lazim digunakan
pada internet. Begitu anda melakukan di wahanna informasi super highway, maka
banner akan dapat anda lihat di segala tempat. Ukuran file dari dari image yang
akan ditampilkan berkisar dari 7 (tujuh) hingga 10 (sepuluh) kb.
Iklan banner di bagi menjadi dua jenis, yaitu iklan
banner keyword dan iklan banner random. Iklan banner keyword muncul ketika
dilakukan query atas satu kata pembuka dari mesin pencarian. Ini akan efektif
bagi perusahaan yang ingin mengerucutkan audien yang menjadi sasarannya. Sedanglan
iklan banner random adalah iklan yang muncul secar acak.
Berdasarkan bentuknya iklan banner di bagi lagi menjadi,
iklan banner swapping, iklan banner exchanges (tukar banner), dan iklan banner
paid advertising.
B. Iklan Persegi Panjang
Jenis iklan ini dapat meningkatkan matrik kunci sebesar
40% di bandingkan ukuran banner, menurut penelitian the intenet advertising
bureau, ACNielsen, CNET Network, DoubleClick dan MSN. Iklan persegi panjang
besar menjadi efektif kalau di padukan dengan tipe iklan skyscraper.
C. Iklan Skyscraper
Iklan ini hampir sama bentuknya dengan iklan banner. Jika
iklan banner memanjang secara horizontal maka iklan skyscraper memanjang secara
vertical. Helene Curtis mencoba menggunakan jenis iklan ini di iWon. Iwon adalah
web hosting peringkat ketiga dunia setelah MSN dan Yahoo, dengan impresi
11.776.585.000.
D. Iklan Sponsorship
Bentuk iklan internet yang baru tumbuh popularitasnya
adalah iklan sponsorship pada halaman web. Iklan sponsorship berdasarkan survey
internet advertising bureau menempati peringkat kedua setelah banner, dengan
pangsa pasar 25%. Perusahaan sponsor memassuki bagian publisher dari halaman
web atau peristiwa tunggal untuk periode waktu yang terbatas, pada umumnya
dihitung perbulan.
E. Iklan Interstitial
Interstitial merupakan iklan yang dinamis pada internet. Iklan
Interstitial berbentuk bermacam-macam iklan animasi yang muncul pada layar
ketika komputer mendownload situs web. Tipe iklan Interstitial ini meiputi
iklan pop up window, splash screen, intermecial, supersetial dan sebagainya. Iklan
interstitial baru mencapai pangsa pasar 2%.
D. Iklan Classified
Timbulnya iklan ini merupakan peluang bagi pengiklan local
dengan akses yang terbatas. Bentuk iklan ini serupa dengan iklan disurat kabar Koran
(iklan baris/iklan mini) jika ingin mencari rumah, mobil, motor, tanah, alat,
dan lain sebagainya, menyempitkan pencarian sebuah kota atau Negara. Banyak si
sponsori oleh mesin pencarian itu sendri atau oleh media local dari Negara tersebut.
E. Iklan Meta
Iklan meta adalah iklan yang ditampilkan pada halaman
hasil pencarian, spesifikasi terhadap pencarian tersebut. Iklan ini digunakan
untuk mesin pecarian, misalnya yahoo. Iklan meta mengacu pada “kata kunci” dari
suatu iklan. Metode iklan ini menuju kepada target pasar yang spesifik. Pengiklan
membayar kepada mesin pencarian, hanya menampilkan bannernya ketika kata kunci
iklan tersebut sesuai dengan yang dicari oleh pemakai. Misalnya mencari dengan
kata kunci “multimedia”. Maka banner yang muncul adalah Compaq. Oracle, Barnes &
Noble.
F. Iklan URL (Universal Resource Locator)
Jenis iklan ini menggunakan URL sebagai alat periklanan
bahwa media ini bebas. Setiap orang dapat mengumpulkan url yang dimilikinya ke
mesin pencarian untuk dimasukkan ke dalam list. Orang bisa mempunyai kata kunci
yang tepat, namun apabila mesin pencarian tidak meng-indexs listungnya dengan
menggunakan “judul” atau “konten” dalam meta tag-nya, maka berbagai upaya yang
dilakukan tidak akan menghasilkan apa-apa.
G. Iklan E-mail
Cara lain unutk beriklan di internet adalah dengan memberi
alamat-alamat email dan mengirimkan informasi perusahaan kepada orang lain yang
berada di dalam list email tersebut. E-mail sedang menjadi channel pemasaran
yang mampu menjangkau implementasi yang efektif-biaya serta angka respon yang
lebih baik dan lebih cepat dibandingkan channel periklannan yang lain.
H. Bentuk Iklan Lain-Lain
Iklan online di internet dapat dilakukan dalam sejumlah
cara lain yang berkisar dari iklan newsgroup hingga penggunaan kios. Iklan dalam
radio internet sedang dijajagi, dan barang kali iklan dalam televisi internet juga
akan menyusul. Radio internet terbaik versi majalah yahoo pada tahun 2002
adalah “real.com”, yang menyediakan berbagai fasilitas iklan antara lain, game
gratis, real player yang sangat baik dan dpat dicoba secara gratis selama 14
hari, dan dapat menghubungkan dengan lebih dari 2500 stasiun online. Yang lebih
menarik lagi adalah iklan yang ditunjukkan kepada anggota-anggota internet
community.
Mungkin itu yang dapat saya sampaikan tentang artikel
iklan intenet, Untuk referensi artikel tentang iklan internet ini berasal dari
buku perancangan iklan internet pada ecommerce, apabila ada kesalahan kata di
dalam artikel saya mohon maaf serta baca juga pengertian codignetter secara ringkas.
Labels:
Informasi
Terimakasih sudah membaca Iklan Internet. Jangan lupa di bagikan jika bermanfaat...!
No comments:
Post a Comment