Teknologi Informasi Untuk Bisnis |
Teknologi Untuk Bisnis - Bidang Teknologi Informasi memberi prospek pada bangsa Indonesia yang tengah dilanekda krisis ekonomi. Industri lain saat ini ditandai dengan pemogokan buruh, pemungutan liar, dan gangguan fisik lainnya. Untuk itu bisnis Teknologi Informasi atau bisnis lain yang didukung oleh Teknologi Informasi perlu mendapat perhatian yang khusus karena sifatnya yang strategis bagi bangsa Indonesia. Dua aspek penting dalam pengembangan bisnis yang berhubungan dengan Teknologi Informasi adalah infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). Selain kedua aspek tersebut, tentunya masih banyak aspek lain seperti finansial.
Persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi
ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya.
Jika dilihat lebih mendalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada
bagaimana sebuah perusahaan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk
dan atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan
dengan pesaing bisnisnya. Saat ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi
diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan
persaingan.
Teknologi Informasi telah banyak digunakan untuk
mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik bidang ekonomi
maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness,
e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya
menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi
dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan
pada pola kebiasaan kerja.
Mempermudah Cara Komunikasi
Bagi banyak perusahaan, email adalah sarana utama
komunikasi antara karyawan, pemasok dan pelanggan. Email adalah salah satu
pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat mudah dan relatif jauh lebih
murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk berkomunikasi. Selama
bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga berkembang, yang
memungkinkan para staf untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem
chat (chatting), alat pertemuan online dengan sistem konferensi video seperti
webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan masih banyak lagi lainnya.
Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, anda hanya membutuhkan satu klik dan
semua informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan
yang anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang
sedang anda kelola. Selain itu anda dapat dengan mudah untuk mencari informasi
yang berkaitan dengan kompetitor anda.
Manajemen Data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen
perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa
perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan
menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan.
Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan,
terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan
memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat
mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan.
Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat
digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai
bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi
itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak
data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan
untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas
investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat
melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi
terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan
produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka
merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship
Management (CRM) sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan
terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika
sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu contohnya pelanggan
menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi
pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat
segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh
interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena
mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi
perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.
Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi sangat
membantu para pelaku bisnis untuk aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak
seperti toko offline yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan
waktu.
Kesimpulan Teknologi Informasi Untuk Bisnis
Seiring dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan
teknologi, Para pelaku IT mulai gencar memanfaatkan kemajuan tersebut.
Khususnya dalam bidang Teknologi Informasi, para pelaku IT dapat memperoleh
kemudahan dalam setiap urusannya. Dunia bisnis sudah sangat kompetitif dimana
ada banyak persaingan untuk dapat terus berkembang. Diperlukan kreativitas,
kegigihan, dan pengetahuan yang maju agar bisa bersaing di dalamnya. Melihat
banyaknya fungsi yang diperoleh dari teknologi informasi, sangat jelas kalau
kita akan sangat membutuhkannya.
Labels:
Bisnis
Terimakasih sudah membaca Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Jangan lupa di bagikan jika bermanfaat...!
No comments:
Post a Comment